Workshop Penyediaan Konsumsi Katering Jemaah Haji Indonesia

Diposting pada
Workshop Penyediaan Konsumsi Katering Jemaah Haji Indonesia
Workshop Penyediaan Konsumsi Katering Jemaah Haji Indonesia(KUH)
Workshop Penyediaan Konsumsi Katering Jemaah Haji Indonesia, Makkah (hajikita.com) – Kementerian Agama mengadakan workshop penyediaan konsumsi (katering) untuk jemaah haji Indonesia di Lokasi Mahbas Jin, Makkah, Kamis, 4 Mei lalu.

Menurut dia, workshop yang kali pertama ini digelar supaya ada kesamaan persepsi di antara perusahaan penyedia konsumsi berkaitan menu bercitarasa Indonesia yang perlu mereka sediakan.

“Kegiatan ini diikuti oleh 28 perusahaan penyedia konsumsi di Makkah serta 13 perusahaan penyedia konsumsi di Madinah,” tutur Arsyad Hidayat lewat pesan singkat, Sabtu (06/05).

Arsyad menyampaikan, workshop diawali terlebih dulu dengan presentasi sekitar masakan Indonesia oleh pakar tim penyedia katering Kementerian Agama Mandradhitya Kusuma Putra. Di depan beberapa koki perusahaan penyedia konsumsi, Dosen Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung ini menerangkan deskripsi umum masakan Indonesia, dan metode serta teknik memasak masakan Indonesia.

“Narasumber juga berbagi tentang beberapa bumbu masakan khas Indonesia dan teknik pengolahannya,” terang Arsyad.

Workshop yang berjalan sehari ini juga mengulas sekitar menu konsumsi jemaah pada musim haji 1438H/2017M. Di bagian akhir, dilaksanakan coaching clinic pembuatan rendang. Sejumlah 15 perusahaan penyedia konsumsi diminta melaksanakan praktek memasak rendang yang hasilnya langsung dinilai oleh tim penyedia katering.

“Secara umum hasilnya bagus. Kualitas dan citarasa masakan mereka sudah baik, bahkan tiga di antaranya sangat baik,” jelas Arsyad. Kadaker Makkah pada musim haji tahun lalu ini menilai, kegiatan serupa perlu diadakan mendekati operasional haji.(Kemenag)