93% Mayoritas Saham Rumah Sakit Haji Jakarta Dimiliki Kemenag

Posted on

93% Mayoritas Saham Rumah Sakit Haji Jakarta Dimiliki Kemenag
93% Mayoritas Saham Rumah Sakit Haji Jakarta Dimiliki Kemenag, Jakarta (hajikita.com) – Kementerian Agama saat ini menjadi pemilik saham sebagian besar Rumah Sakit Haji Pondok Gede Jakarta. Berlokasi di Balairung Balai Kota Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta Saefullah sudah menyerahkan 51% saham yang dimiliki Pemprov DKI Jakarta kepada Kementerian Agama.

loading...

Serah terima ini dilaksanakan oleh Pemprov DKI Jakarta kepada Sekjen Kementerian Agama Nur Syam. Sebelumnya, Kemenag menguasai 42% saham RS Haji Jakarta. Dengan serah terima ini, Kemenag saat ini menguasai 93% saham RS Haji Jakarta. Sisanya dipunyai oleh Koperasi Karyawan (6%), serta Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia atau IPHI (1%).

Menurut Nur Syam, pengelolaan RS Haji Jakarta selanjutnya bakal dilanjutkan oleh Kementerian Agama sebagai Rumah Sakit Pendidikan (Teaching Hospital) Fakultas Kedokteran (FK) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Walaupun demikian, RS Haji Jakarta ini akan masih menjalankan fungsi serta kewajibannya memberikan layanan kepada jemaah haji serta masyarakat umum sebagaimana rumah sakit yang lain.

“Kemenag berjanji RS Haji Jakarta bakal dikelola sesuai dengan prosedur profesionalitas,” tutur Nur Syam, Senin (27/03). Saya minta RS Haji Jakarta sekalian dikembangkan sebagai percontohan penerapan standar pelayanan rumah sakit syariah,” imbuhnya.

Eks Rektor IAIN Sunan Ampel Surabaya ini menerangkan, setiap rumah sakit yang memiliki label Islami, termasuk juga RS Haji Jakarta, sepatutnya menjadi pusat layanan kesehatan berkualitas serta mempunyai kelebihan sehingga menjadi kebanggaan seluruh masyarakat. RS Haji Jakarta juga bukan sekedar melayani masyarakat DKI Jakarta, namun juga mempersiapkan calon-calon dokter yang bakal mengabdi di seluruh Indonesia.


Searah dengan Nur Syam, Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Dede Rosyada yang ikut hadir di Balai Kota mengharapkan RS Haji Jakarta sebagai Teaching Hospital untuk FK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini bisa melahirkan dokter-dokter muda yang mengetahui semua tipe penyakit yang berkembang di masyarakat.

Serah terima yang ditandai dengan penandatanganan RUPS Sirkuler Hibah Saham PT. RS Haji Jakarta ini dihadiri oleh Ketua Pengurus Karyawan RS Haji Jakarta Farida Ariyanti, Wakil Ketua IPHI Anshori, Kepala Biro Umum Syafrizal, Kepala Biro Hukum dan KLN Gunaryo, Kepala Biro Keuangan dan BMN Syihabuddin Latief, serta Kepala Kanwil Kemenag Provinsi DKI Jakarta Abdurrahman.(Kemenag)

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *