Boleh Berhaji Lagi Setelah 10 Tahun

Posted on

Boleh Berhaji Lagi Setelah 10 Tahun
Boleh Berhaji Lagi Setelah 10 Tahun, Jakarta (hajikita.com) – Kementerian Agama, dalam hal ini Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) melakukan ketentuan baru berkaitan pendaftaran haji.

Hal ini seperti tertuang dalam Keputusan Dirjen PHU no 28/2016 mengenai Pedoman Pendaftaran Haji Reguler, salah satu isinya yaitu jamaah haji yang pernah menunaikan ibadah haji bisa melaksanakan pendaftaran haji sesudah 10 tahun mulai sejak menunaikan ibadah haji yang paling akhir.

loading...

“Bisa berhaji lagi sesudah sepuluh tahun saya pikir cukup bagus. Bila perlu 15 tahun lantaran wajib haji cuma satu kali,” kata Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Sodik Mudjahid.

Ketentuan itu dinilainya lumrah serta tak memberatkan masyarakat. Dia menyampaikan jika ada masyarakat yang rindu Tanah Suci, dapat dengan cara melaksanakan umrah.

“Bila ingin umrah dengan nilai haji dapat melaksanakan umrah saat Ramadhan,” tutur politikus dari Partai Gerindra ini.

Sodik menyebutkan ada beberapa hal yang perlu dijadikan prinsip paling utama pelayanan haji. Pertama, jamaah yaitu rakyat Indonesia yang perlu memperoleh pelayanan sempurna dari negara bila negara ingin disebut negafa modern serta beradab. Kedua, jamaah yaitu konsumen yang membayar ongkos perjalanan haji.

“Jangan pernah status konsumen, namun diperlakukan tidak layak. Dia mesti memperoleh perlakuan istimewa. Bila tidak istimewa, terlebih pelayanan dipersulit, maka negara cq Kemenag artinya tidak profesional, serta tidak layak mengelola haji,” ucapnya.

Ketiga, jamaaah haji adalah tamu Allah SWT. Jika pengelola mempersulit perjalanan haji, maka dia bakal berhadapan dengan Allah SWT. (Republika)

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *