Dahnil Anzar Simanjuntak: Dana Haji Adalah Restricted Fund

Posted on

Dahnil Anzar Simanjuntak: Dana Haji Adalah Restricted Fund

Dahnil Anzar Simanjuntak: Dana Haji Adalah Restricted Fund, Jakarta (hajikita.com) – Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah menilai, dana haji merupakan dana umat dan mesti dipakai untuk kepentingan jamaah haji. Atau dalam terminologi keuangan publik disebut restricted fund.

loading...

Ketua PP Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak menyampaikan, jika dana haji ingin dipakai untuk keperluan lain (diluar kepentingan haji), maka memerlukan akad serta izin jamaah sejak awal. “Apabila jamaah setuju serta mengizinkan, maka mesti dipastikan investasinya dipakai pada sektor yang 0 (Nol) resiko lantaran memang sejak awal dana itu disetorkan jamaah untuk naik haji,” katanya.

Menurutnya, pemakaian dana haji untuk kepentingan infrastruktur di Indonesia sangat berisiko. “Dengan tata kelola belanja pemerintah yang penuh dengan praktik rente serta korupsi, pemakaian dana haji untuk kebutuhan imvestasi Infarstruktur sangat berisiko tinggi,” kata Dahnil.

Oleh karenanya, kata dia, diperlukan tahapan perbaikan tata kelola yang bebas dari korupsi dulu sebelum mengambil keputusan memakai dana haji untuk infrastruktur.

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo mengusulkan supaya dana haji digunakan untuk membiayai proyek infrastruktur di Indonesia. Pasalnya, penempatan dana haji di surat berharga syariah nasional (SBSN), surat utang negara (SUN), serta deposito berjangka dinilai belum menghadirkan manfaat maksimal.

Sementara itu, Himpunan Penyelenggara Umrah dan Haji (HIMPUH) mempunyai pandangan soal rencana itu. Ketua Umum HIMPUH Baluki Ahmad menyampaikan, penempatan dana haji di ketiga instrumen itu telah cukup memperoleh manfaat.

“Apa kurang manfaatnya bila optimalisasi dari uang jamaah yang tersimpan meraih Rp7 triliun per tahun sehingga dapat diberikan kepada calon jamaah reguler pada tahun berjalan sehingga mencapai Rp23 juta per jamaah,” katanya.

Baluki menyampaikan, penempatan atau pemanfaatan dana haji sebaiknya digunakan untuk keperluan jamaah haji. “Yang penting mau ditaruh dimana juga bisa bermanfaat untuk jamaah dan aman lantaran ini amanah,” kata dia.(Republika)

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *