Diharapkan Terealisasi Akhir Tahun, Penyerahan Pengelolaan Dana Haji dari Bank ‎Syariah ke BPKH

Posted on

Pansel BPKH Sekjen Nur Syam
Diharapkan Terealisasi Akhir Tahun, Penyerahan Pengelolaan Dana Haji dari Bank ‎Syariah ke BPKH, Jakarta (hajikita.com) – Tim panitia seleksi (pansel) anggota badan pelaksana serta dewan pengawas Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) hari ini sudah menghadap Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

loading...

Dalam pertemuan itu, Ketua Pansel BPKH Mulya Effendi Siregar menuturkan, proses penjaringan 14 calon badan pelaksana serta 10 dewan pengawas BPKH, dari mulai administrasi, seleksi makalah, psikotes, serta lainnya.

Tim tidak main-main dalam mempersiapkan deretan nama yang selanjutnya bakal dikerucutkan lagi oleh Presiden Jokowi. Ada yang dimaksud ISHA yakni Indonesian Standard Health Assesament sebagai satu diantara alat ukur tentang religiusitas, integritas, dan sebagainya.

Ada pula seleksi wawancara yang diadakan pansel dengan peserta. Selain uji integritas serta profesionalitas, tim juga melaksanakan kroscek berdasarkan catatan yang didapatkan KPK, OJK, PPATK serta dari dunia perbankan.

“Alhamdulillah hasil seleksi itu kami serahkan kepada Presiden, semua laporan dan catatan, serta biodatanya sebagai pertimbangan bagi Pak Presiden untuk memastikan tujuh orang yang dipilih menjadi badan pelaksana serta lima orang menjadi dewan pengawas,” tutur Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Nur Syam, Senin (13/3).

Presiden, kata dia, memiliki waktu 10 hari untuk mengirimkan beberapa nama dewan pengawas yang dipilihnya untuk melaksanakan tes kelayakan serta kepatutan di Komisi VIII DPR RI. Dia mengharapkan pada pertengahan April pemilihan itu dapat dibuatkan surat keputusan (SK).

Jika pada April telah ada SK, jadi diharapkan kurun waktu enam bulan mereka akan merumuskan regulasi terkait pengelolaan dana, persoalan struktural, instansi yang perlu ada dibawah BPKH, sumber daya manusia (SDM), serta pengelolaan keuangan.

“Mudah-mudahan akhir tahun ini telah ada penyerahan dana yang selama ini dikelola ke-17 bank syariah yang mengelola dana haji kepada badan (BPKH) ini,” kata Nur. (Republika/UKiS)

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.