Kepuasan Layanan Jamaah Haji Harus Terpenuhi

Posted on

Menag LHS bersalaman dengan ketua komisi VIII DPR RI Ali Taher

Kepuasan Layanan Jamaah Haji Harus Terpenuhi, Jakarta (hajikita.com) – Kementerian Agama sudah menetapkan standar minimum Biaya Pengelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) Khusus sebesar 8.000 dolar AS. Ketua Komisi VIII DPR RI Ali Taher Parasong menilai, wajar jika ada standard minimum BPIH khusus yang ditetapkan Kemenag.


“Wajar saja ada standar minimum, namun jangan sampai hak (jamaah) diabaikan. Yang paling utama itu tujuan atau niat ibadahnya,” tutur Ali.

loading...

Dia menyampaikan, BPIH Khusus bervariasi antara 8.000 sampai 14.000 dolar AS. BPIH antar daerah pastinya tidak sama.

“Yang pergi dari Jakarta pasti tidak sama dengan yang dari Makassar atau Indonesia timur. Unit biaya mesti dihitung betul,” ujarnya.

Ali menyebutkan berapapun BPIH khusus, kepuasan jamaah haji mesti terlayani dengan baik. Dalam kesempatan itu, dia menyikapi, adanya ketentuan baru Kemenag yang mengharuskan ada referensi dari kantor wilayah (kanwil) Kemenag daerahnya berasal untuk paspor umrah serta haji khusus.

Walau belum membaca keseluruhnya surat keputusan (SK)-nya, tetapi Ali meyakini ketentuan itu mempunyai tujuan positif. “Mungkin saja semangatnya supaya jamaah terkonsentrasi di wilayahnya serta jangan sampai mengambil jatah lokasi lain.

Dia berharap, penyelenggaraan ibadah haji di musim 2017 ini bertambah baik dibandingkan beberapa tahun sebelumnya. Pemerintah dinilai mesti memperhatikan jarak tempuh antara hotel dan Masjidil Haram.

“Jangan terlampau jauh, maksimal 4,5 kilometer saja, beberapa sukur kurang dari itu agar jamaah tidak ketakutan,” katanya. (Republika)

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *