Haji Kita

Kesiapan Embarkasi Makassar Menyambut Musim Haji 1438H/2017M

Posted on
Haji Kita
Mockup Embarkasi Makassar

Kesiapan Embarkasi Makassar Menyambut Musim Haji, Makassar (hajikita.com) – Sesuai Rencana Perjalanan Haji (RPH) 2017M/1438H, Kelompok terbang (Kloter) pertama jemaah haji Indonesia mulai berangkat pada tanggal 28 Juli 2017 di 13 embarkasi keberangkatan. Petugas PPIH (Panitia Penyelenggara Ibadah Haji) juga mulai dilantik di beberapa wilayah termasuk PPIH embarkasi Sudiang, Makassar, Sulawesi Selatan.

Pelantikkan PPIH Embarkasi Sudiang, Makassar berlangsung pada hari Rabu, 12 Juli 2017 dihadiri oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Dalam sambutannya, Menag LHS berpesan bahwa menjadi petugas PPIH harus mampu melihat masalah dari bermacam sisi, niatkan diri untuk ikhlas melayani jemaah haji meski petugas juga merupakan manusia biasa yang mempunyai kesabaran yang berbeda, stamina fisik dan daya tahan tubuh yang tidak sama.

loading...

Menag LHS menambahkan petugas haji dituntut untuk mengetahui secara menyeluruh proses penyelenggaraan haji agar dapat menjelaskan dan memberikan layanan secara baik pada jemaah haji Indonesia, jangan hanya fokus dengan bagian tugasnya. Karena itu, mulai sejak datangnya jemaah haji ke embarkasi, apa yang dapat dilakukan di asrama haji, hingga calon jemaah haji menuju ke pesawat udara, petugas harus dapat melayani dan memberikan informasi dengan baik.

Karena pengelolaan haji tidak sederhana maka petugas PPIH harus mampu bekerjasama dan kooperatif kepada jemaah haji yang 98%-nya merupakan calon jemaah haji baru dan tidak memiliki pengalaman untuk pergi jauh.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama provinsi Sulawesi Selatan, Abdul Wahid mengatakan kesiapan embarkasi haji Sudiang, Makassar dengan datangnya musim haji 2017M/1438H. Menurutnya Embarkasi Sudiang, Makassar musim haji tahun ini akan melayani 35 kloter dan jumlah jemaah haji sebanyak 15.911, yang datang dari 8 provinsi yakni Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat.

Untuk Sulawesi Selatan sendiri, tuturnya, ada sebanyak 16 kloter dengan jumlah jemaah haji sebanyak 7.308 jemaah. Ia menambahkan kalau proses penyelenggaraan haji di povinsi Sulawesi Selatan berlangsung lancar, untuk jemaah haji yang berangkat di gelombang pertama sudah selesai visanya, sedangkan untuk gelombang kedua visa diharapkan selesai seluruhnya sebelum jadwal keberangkatan.

Jemaah haji Kloter petama dari embarkasi Makassar dijadwalkan masuk asrama haji Sudiang, Makassar pada tanggal 27 Juli dan berangkat pada 28 Juli 2017. Abdul Wahid mengatakan bahwa Embarkasi Sudiang, Makassar tahun 2016 terpilih sebagai Embarkasi Terbaik berdasar pada penilaian dan pemantauan Komisi Pengawas Haji Indonesia (KPHI).

Mockup Pesawat Jemaah Haji

Haji Kita

Pada kesempatan yang sama, diresmikan Mockup (hasil desain bangun seolah-olah terlihat real/nyata) pesawat di asrama haji Makassar oleh Menag LHS. Mockup itu dibangun dan disiapkan oleh Bank Penerima Setoran (BPS) Biaya penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) dan maskapai penerbangan yang mengangkut jemaah haji, PT Garuda Indonesia.

“Mockup pesawat ini pasti akan bermanfaat bagi jemaah. Mereka akan terlatih dan tenang ketika berada di pesawat setelah mengikuti manasik perjalanan dengan model pesawat yang seperti aslinya,” ujar Menag di Makassar, Rabu (12/07).

Apresiasi diberikan Menag LHS karena dengan sinergi Bank BPS BPIH dan Garuda Indonesia berhasil membangun mockup dan menyiapkan layanan itu. Ia mengharapkan agar seluruh embarkasi yang ada juga mempunyai mockup sendiri demi pelayanan dan pembinaan yang semakin meningkat terhadap jemaah haji.

Ahda Barori, Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri menuturkan pembangunan mockup untuk sarana bimbingan jemaah haji karena jemaah haji Indonesia sangat beragam dan sebagian besar belum pernah naik pesawat. Dengan adanya mockup ini maka jemaah dapat mendapatkan informasi terkait pesawat terbang, seperti cara menggunakan fasilitas yang ada di dalam pesawat seperti toilet ataupun cara tayamum di pesawat.

Menurut Direktur Pengelolaan Dana Haji dan Sistem Informasi Haji Terpadu Ramadhan Harisman, Kementerian Agama menyediakan lahannya saja sedangkan pembangunan mockup pesawat di asrama haji Sudiang, makassar dilakukan oleh bank penerima setoran haji.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Asrama Haji Embarkasi Sudiang, Makassar Muhammad Nasir mengatakan bahwa dengan adanya mockup pesawat terbang ini semoga dapat menambah pelayanan pada jemaah haji, termasuk jemaah umrah dan masyarakat umum.

Selain Menag LHS, turut hadir mendampingi Kepala Kanwil Kemenag Sulawesi Selatan, para pejabat eselon II Ditjen PHU Kemenag, dan Kepala Biro Humas, Data dan Informasi, Sekjen Kementerian Agama RI. (Kemenag/UKiS)

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *