Kompensasi Korban Crane Belum Diterima Pemerintah

Posted on

Menag LHS menjenguk korban Crane Mekah Arab Saudi
Kompensasi Korban Crane Belum Diterima Pemerintah, Jakarta (hajikita.com) – Pemerintah RI melalui KBRI Riyadh selalu berusaha untuk menindaklanjuti kompensasi bagi korban jatuhnya crane di Masijidil Haram, Mekah, September 2015 lalu. Walau pun hingga sekarang ini kompensasi belum juga dicairkan.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi senantiasa mengungkit persoalan kompensasi dalam pertemuan bilateral dengan pihak Arab Saudi.

Ia selalu mengemukakan kalau pemerintah RI telah mengirimkan nota tertulis yang menyebutkan proses verifikasi korban WNI sudah tuntas dilaksanakan. Mereka tinggal menanti penerbitan cek oleh Kementerian Keuangan Arab Saudi.


“Akan tetapi, ini terhalang oleh adanya korban dari negara lain yang terlambat memberikan dokumen yang dibutuhkan. Pemerintah Arab menyebutkan akan membayar bila semua korban dari seluruh negara telah tercatat,” kata Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonesia (PWNI-BHI) Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Lalu Muhammad Iqbal.
Iqbal menolak adanya berita kalau pemerintah Indonesia sesungguhnya sudah menerima uang kompensasi tetapi ditahan. “Kami sampaikan bahwa semua hal itu tidak benar. Kami juga telah meminta klarifikasi GNPF-MUI. Nyatanya mereka tak pernah membicarakan itu terlebih membuat statemen,” tegasnya.
Sekarang ini, lanjut dia, pihaknya selalu menjalin hubungan dengan tokoh-tokoh agama seperti MUI untuk membicarakan apa sajakah isu yang ditangani termasuk juga kompensasi korban crance. Seperti yang di ketahui, beberapa korban jatuhnya crane di Masjidil Haram, Mekah, mulai menagih janji Arab Saudi untuk membayar kompensasi.
Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz pernah menjanjikan akan menyalurkan kompensasi sejumlah 1 juta riyal atau Rp 3,8 miliar untuk korban crane yang wafat serta 500 ribu riyal atau Rp 1,9 miliar untuk yang cacat fisik. (JawaPos/UKiS/Kemenag)
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.