Paspor Jemaah Haji

Lebih Dari 65% Paspor Untuk Jemaah Haji Sudah Siap

Posted on

Lebih Dari 65% Paspor Untuk Jemaah Haji Sudah Siap, Jakarta (hajikita.com) – Kementerian Agama senantiasa melaksanakan persiapan penyelenggaraan ibadah haji 1438H/2017M. Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menegaskan persiapan penyediaan layanan di Arab Saudi telah nyaris 100%. Karena itu, Kementerian Agama saat ini konsentrasi pada penyiapan layanan di dalam negeri, khususnya berkaitan dengan dokumen perjalanan.

“Berdasarkan laporan beberapa hari lalu, Paspor telah lebih dari 65%. Mudah-mudahan akan terus bertambah angkanya”, tutur Menag selesai bersilaturahim dengan jajarannya pada hari pertama masuk selesai libur lebaran, di Jakarta, Senin (03/07).

loading...

Mengenai visa jemaah, Menag menerangkan kalau sistem penyiapannya berkaitan juga dengan sistem yang berada di Kementerian Haji serta Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi. Menurut dia, penyiapan visa menjadi bagian dari sistem e-hajj yang dikembangkan Pemerintah Arab Saudi.

“Mudah-mudahan hari ini atau selambatnya lusa, sistemnya telah dapat dibuka sehingga secara cepat kita dapat terhubung sistem e-hajj mereka hingga pemprosesan dapat dikerjakan dengan bertahap”, tutur Menag.

“Dari sisi penjadwalan, semuanya masih dalam batas toleransi di mana prosesnya memang seperti itu”, lanjutnya.

Menag menyebutkan kalau masih tetap ada waktu kurang lebih 2 – 3 minggu ke depan sampai dengan pemberangkatan kloter pertama. Jemaah haji Indonesia gelombang pertama akan mulai berangkat ke Madinah pada 28 Juli 2017. Sedang jemaah haji gelombang kedua dijadwalkan mulai tiba di Makkah pada 6 Agustus 2017.

Puncak haji wukuf di Arafah diprediksikan jatuh pada 31 Agustus 2017. Dengan hal tersebut, jemaah haji akan mulai ada di Mina sejak 1 September 2017. Rencana perjalanan haji 1438H/2017 selengkapnya dapat baca dilink ini: Rencana Perjalanan Haji 1438H/2017M. (Kemenag)

Loading...

One thought on “Lebih Dari 65% Paspor Untuk Jemaah Haji Sudah Siap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.