Manasik Haji Akan Terfokus Pada Regu

Posted on

Ali Rokhmad Kasubdit PHU
Manasik Haji Akan Terfokus Pada Regu, Jakarta (hajikita.com) – Bimbingan ibadah menjadi satu diantara aspek utama dalam penyelenggaraan ibadah haji.
Lewat proses bimbingan ibadah yang baik, jemaah diharapkan bisa melakukan ibadah hajinya dengan baik juga.
“Sistem pelaksanaan manasik lebih terfokus pada regu. Artinya ada penguatan manasik setiap regu mulai sejak bimbingan di tingkat KUA kecamatan serta Kab/Kota,” tutur Kasubdit Bimbingan Ibadah Ali Rokhmad di Jakarta, Rabu (15/03).
Selain itu, Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah juga akan melaksanakan penguatan kompetensi atau pembekalan khusus kepada para ketua regu (Karu) dan ketua rombongan (Karom). Dalam aktivitas manasik di tingkat Kecamatan, jemaah bakal dikelompokan dalam regu dan rombongan.
Menurut Ali, setiap regu terdiri dari 10 orang yang dipimpin oleh 1 karu. Peran ketua regu bakal dimaksimalkan untuk mengkoordinir jemaah supaya tingkat kehadiran serta kegiatan manasik lebih maksimal. Setiap empat regu bakal dikelompokan menjadi satu rombongan yang dipimpin oleh satu karom.
Supaya Karu serta Karom bertugas dengan baik, lanjut Ali, ada persyaratan yang perlu dipenuhi dalam menunjuk Karu serta Karom. Persyaratan itu diantaranya: mempunyai kemampuan dalam ilmu dan pengetahuan termasuk juga manasik, kemampuan fisik lebih dari yang lain, mengerti kepemimpinan, dan siap menolong rekan sejawat.
“Sembari menanti penetapan BPIH tahun ini, kita tengah menyempurnakan 3 kurikulum. Yakni, kurikulum manasik haji tingkat Kecamatan yang bakal dilakukan 6 – 8 kali, kurikulum manasik tingkat Kabupaten/Kota sebanyak 2 kali, serta kurikulum khusus untuk karu serta karom berbentuk pembekalan tugas termasuk juga pendalaman manasik hajinya,” ujarnya.(Kemenag)

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *