Menag Dukung Ambon Jadi Embarkasi Haji Antara

Posted on
Menag Dukung Ambon Jadi Embarkasi Haji Antara
Menag Dukung Ambon Jadi Embarkasi Haji Antara

Menag Dukung Ambon Jadi Embarkasi Haji Antara, Ambon (hajikita.com) – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mendukung usaha masyarakat Maluku untuk menjadikan Ambon sebagai embarkasi haji antara.

loading...

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Support ini ditegaskan Menag selesai memberi pembinaan Aparatur Sipil Negara Kemenag Kanwil Maluku di Ambon.

“Alhamdulillah tadi di sampaikan Kakanwil kalau sedang berusaha untuk penuhi beragam persyaratan. Intinya, Kemenag pusat mensupport seutuhnya kehendak dari publik, terutama umat Muslim di Maluku supaya ada embarkasi haji antara disini,” kata Menag di Ambon, Jumat (24/02).

Menurut Menag, kehadiran embarkasi haji antara di Maluku bukan sekedar bakal mempermudah calon jemaah haji, namun juga tingkatkan efisiensi, lantaran akan kurangi beban biaya yang tak perlu. Akan tetapi, hal semacam itu bergantung bagaimana Kanwil Kemenag serta Pemprov Maluku bisa penuhi semua persyaratan yang ada. 

Sebelumnya, Kakanwil Kemenag Maluku Fesal Musaad melaporkan pada Menag kalau pihaknya tengah berjuang supaya Kota Ambon bisa diputuskan menjadi embarkasi haji antara. Maksudnya, untuk memperingan kesulitan serta penderitaan calon jemaah dari pulau ke pulau. 
“Bila di Jakarta miliki pulau seribu, di Maluku dibalik jadi seribu pulau. Jemaah di kepulauan itu begitu susah. Kita usul supaya ke depan Ambon dapat diputuskan sebagai embarkasi haji antara hingga calon jemaah haji tak perlu menginap lagi di Makassar,” tuturnya. 
“Mohon Pak Menteri merestuinya. Alhamdulillah sekarang ini telah digodok di Bappenas mudah-mudahan Ambon dapat selekasnya jadi embarkasi haji antara,” imbuhnya. Kuota haji Maluku pada tahun 2017 sejumlah 1.090 jemaah, bertambah lebih dari 90% di banding tahun yang lalu yang cuma 569 jemaah saja. 
Kasubdit Pendaftaran Haji Noer Aliya Fitra (Nafit) menerangkan kalau ada 13 Embarkasi Haji di Indonesia. Disebut embarkasi haji lantaran jadi tempat pemberangkatan jemaah haji dari Tanah Air langsung ke Arab Saudi. 


(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Selain embarkasi haji, ada pula embarkasi haji antara, yakni embarkasi sebagai tempat pergi jemaah haji dari Tanah Air ke Arab Saudi, tetapi mesti transit terlebih dulu ke embarkasi haji. Untuk orang-orang Maluku, mereka pergi ke Arab Saudi dari Embarkasi Haji Makassar. 
Dengan menjadi embarkasi haji antara, maka sistem check in jemaah haji telah dapat dikerjakan di Ambon hingga jemaah tak perlu lagi bermalam di embarkasi haji Makassar. Ini bakal mempermudah orang-orang Maluku lantaran sampai kini calon jemaah dari 11 kabupaten atau kota di lokasi 1.000 pulau ini mesti lebih dahulu menginap di Ambon sebelum terbang ke Makassar. Di Makassar, mereka juga kembali menginap sekian hari sebelum berangkat ke Arab Saudi. 
“Bila embarkasi antara, jemaah tidak sampai masuk ke asrama haji, cuma ganti pesawat saja di bandara,” tuturnya. 
Menurut Nafit, sekarang ini telah ada lima embarkasi haji antara, yakni : Embarkasi Bengkulu yang pergi ke Arab Saudi lewat Embarkasi Haji Padang (PDG), Embarkasi Jambi yang pergi ke Arab Saudi lewat Batam (BTH), Embarkasi Lampung yang pergi ke Arab Saudi lewat Embarkasi Jakarta (JKG). 
Diluar itu, ada pula Embarkasi Palangkaraya yang pergi ke Arab Saudi lewat Banjarmasin (BDJ), serta Embarkasi Gorontalo yang pergi ke Arab Saudi lewat Embarkasi Ujungpandang (UPG).(Kemenag)
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.