Petugas Haji PPIH
Makkah, 27 November 2009

Pembekalan Media Center Haji 1438H/2017M

Posted on

Pembekalan Media Center Haji 1438H/2017M, Jakarta (hajikita.com) – Plt Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Nur Syam menyebutkan kalau pengurusan visa untuk jemaah haji Indonesia yang diberangkatkan pada gelombang pertama bakal tuntas pada minggu ini.

“Kita bersukur hingga tanggal 18 Juli sore, jumlah visa yang telah usai mencapai 81.497. Jadi masih kurang beberapa ribu lagi untuk jemaah gelombang pertama serta itu kita pastikan selesai pada pekan ini,” katanya usai menutup Pembekalan Media Center Haji di Jakarta, Rabu (19/07).

loading...

“Total ada lebih dari 102.000 jemaah yang akan diberangkatkan pada gelombang pertama, mulai 28 Juli sampai 11 Agustus yang akan datang,” sambungnya.

Berkenaan hal ini, Nur Syam juga mengingatkan jajarannya supaya memastikan kloter-kloter awal yang bakal mulai diberangkatkan pada minggu depan telah fix persiapannya. “Kloter satu hingga lima mesti fix soal visa, jangan sampai ada seat kosong,” katanya.

Eks Rektor IAIN Sunan Ampel Surabaya ini memberi tambahan kalau paspor yang sekarang ini telah diterima Ditjen PHU untuk diproses visanya mencapai 189.191. Dengan bertahap, paspor yang telah masuk ini diteruskan ke Kedutaan Besar Arab Saudi untuk diproses visanya.

“Kami telah berkoordinasi dengan pihak Kanwil untuk mempercepat proses ini. Kami mengharapkan dapat dikerjakan pada waktunya hingga tidak akan ada kendala,” katanya.

Kasubdit Dokumen dan Perlengkapan Haji M Sofwan menyebutkan, proses penerbitan visa terus dilaksanakan oleh tim Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah hingga usai semuanya. “Proses pengurusan visa tersebut mensyaratkan informasi lengkap berkaitan paket layanan yang bakal diterima jemaah sepanjang di Saudi. Ini yang harus juga kita siapkan sehingga pengurusan visa dikerjakan dengan beratahap,” jelas Sofwan.

Disinggung masalah potensi keterlambatan visa seperti dua tahun lalu, Sofwan mengakui yakin tahun ini semua berjalan sesuai jadwal. “Saya berharap visa telah usai semuanya sebelum waktu operasional pemberangkatan selesai sehingga jemaah dapat diberangkatkan sesuai jadwal,” tandasnya.

Sebelumnya pada acara yang sama, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menyebutkan bila proses persiapan dokumen jemaah haji yang berkaitan paspor masih terus berproses. Menag percaya bila persiapan keduanya bakal tuntas sesuai jadwal yang ditetapkan.

“Paspor optimis pada waktunya juga akan teratasi karena prosesnya bertahap. Hingga 27 Juli mudah-mudahan telah seluruhnya,” keta Menag pada tim Media Center Haji (MCH) 1438H/2017M di Jakarta, Senin (17/07).

“Paspor gelombang pertama telah usai semuanya. Gelombang kedua semoga selekasnya selesai sesuai jadwal kita,” sambungnya.

Data Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) mengatakan kalau 81% atau 171.860 paspor jemaah haji Indonesia sekarang ini telah berada di Jakarta untuk proses visa.

Masalah visa, Menag Lukman menyebutkan kalau penerbitannya jadi kewenangan Pemerintah Saudi. Dalam tiga tahun terakhir, Saudi sudah mengaplikasikan e-hajj yang mempersyarakatkan semua data informasi setiap jemaah ada dalam satu paket agar bisa dikeluarkan visanya.

“Ini sistemnya on-line sehingga cepat. Pengalaman satu minggu terakhir, dalam satu hari dapat sekitar sepuluh ribu visa yang keluar,” katanya.

Data Ditjen PHU yang dilaunching Jumat, 15 Juli 2017 lalu, visa jemaah haji Indonesia yang telah keluar menjangkau 70.891 atau 34%. Proses ini dinilai relatif cepat mengingat baru dibuka kurang lebih lima hari. Proses pengurusan visa ini selalu dilaksanakan tim Ditjen PHU setiap hari.

Kuota jemaah haji reguler Indonesia tahun ini sejumlah 204.000 orang. Mereka bakal diberangkatkan dalam dua gelombang. Gelombang pertama diberangkatkan menuju Madinah. Sedang gelombang kedua diberangkatkan menuju Jeddah untuk selanjutnya ke Makkah. Pemberangkatan gelombang kedua bakal berjalan dari 12 – 26 Agustus 2017. (Kemenag/UKiS)