Petugas Haji PPIH

Pembekalan Petugas Haji Provinsi Jawa Barat

Posted on

Pembekalan Petugas Haji Provinsi Jawa Barat, Bekasi (hajikita.com) – Bertempat di asrama haji Bekasi, Rabu (05/07) Kantor Wilayah Kementerian Agama provinsi Jawa Barat mengadakan pelatihan dan pembekalan bagi petugas haji diikuti sebanyak 576 peserta yang berasal dari provinsi tersebut. Dalam sambutannya, Menag LHS mengatakan bahwa menjadi petugas haji adalah suatu kemuliaan karena bukan hanya terpilih menjalankan tugas negara, tapi juga tugas dari Yang Maha Kuasa untuk memuliakan dan melayani tamu-tamu Allah SWT.

Untuk itu ia meminta para petugas haji agar dapat memahami hakekat sebagai petugas haji karena kesempatan itu terbatas, tidak setiap orang mendapatkan tugas tersebut. Pelayanan apapun yang diberikan kepada jemaah haji berpijak pada bagaimana seorang petugas haji memaknai hakekat tugas itu.

loading...

Menurutnya agar dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada jemaah haji mesti dilakukan berdasarkan cinta, sambil Menag LHS bernostalgia 26 tahun lampau ketika ia pernah menjadi petugas haji non kloter.

Turut hadir mendampingi Menag Ketua MUI Jawa Barat, Kakanwil Kemenag, dan para pejabat eselon 2 di Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah.

Gedung Baru Asrama Haji Bekasi

Haji Kita

Di tempat yang sama, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin meresmikan gedung baru di Asrama Haji Bekasi melalui pemotongan pita dan penandatanganan prasasti, dilanjutkan dengan peninjauan langsung ke lokasi.

Menag memeriksa fasilitas gedung baru antara lain kamar jemaah, pendingin ruangan, dan fasilitas lainnya. Ia mengharapkan hadirnya gedung baru asrama haji Bekasi itu dapat menambah kapasitas asrama haji Bekasi. Menurutnya renovasi atas semua asrama haji yang ada memanfaatkan dana SBSN supaya asrama haji minimal setingkat hotel bintang 3.

Gedung Mina E, nama gedung asrama haji di Bekasi tersebut menurut Kepala Kanwil Kementerian Agama Jawa Barat H.A. Buchori menghabiskan kurang lebih Rp53 Milyar yang bersumber dari dana SBSN dan bisa memuat 1 kloter dengan per kamar mampu menampung 4 orang jemaah. Buchori mengatakan bahwa sebelumnya asrama haji Bekasi cuma mampu memuat jemaah haji untuk 3 kloter dengan jumlah jemaah sebanyak 10 orang setiap kamar per hari.

Sebelum hadir gedung baru, karena keterbatasan daya tampung asrama, bahkan jemaah hanya transit tidak menginap karena fasilitas yang terbatas. Ia mengatakan bahwa Pemprov Jawa Barat turut andil dan memberi dukungan dengan menyediakan tanah seluas 30.984 meter persegi.

Menu Makanan di Pesawat Terbang

Haji Kita

Setelah meninjau gedung baru asrama haji Bekasi, Menag LHS melakukan tes makanan yang disediakan pihak Saudi Airlines. Ia meminta agar sajian makanan menggunakan produk Indonesia, seperti minuman teh tidak perlu lagi menggunakan produk negara lain karena harga yang relatif mahal dan produk Indonesia dinilainya sudah cukup baik.

Ia meminta agar makanan tidak terlalu pedas, mengurangi penyajian minuman soda dengan memperbanyak air mineral dan jus.

Makanan yang dihidangkan dalam pesawat, menurut Kasi Penyiapan Transportasi Udara Ditjen PHU Edayanti, wajib sesuai spesifikasi dan standar internasional serta lulus pengawasan. Jika ada permintaan makanan khusus terkait kesehatan maka jemaah bisa melapor ke embarkasi masing-masing 3 hari sebelum jadwal berangkat.

Menurutnya, embarkasi haji juga menyediakan menu makanan khas tradisional sesuai daerahnya sebagai bagian dari pelayanan terbaik untuk jemaah haji Indonesia.

Pihak Saudi Airlines yang diwakili Abdul Rojak pada kesempatan itu mengatakan bahwa pihaknya selalu berusaha meningkatkan pelayanan. Menurutnya jemaah haji akan mendapatkan makanan dimulai setelah 1 jam pesawat terbang dengan pilihan makanan hangat sebanyak 2 macam dengan lauk daging atau ikan.

Ia mengatakan kalau Saudi Airlines menambah berat nasi dari 120 gram ke 130 gram, dengan total kalori setiap penyajian sebanyak 1.000 kalori. 2 jam sebelum pesawat mendarat di Arab Saudi, jemaah haji akan mendapatkan makanan hangat berikutnya, sedangkan makanan ringan akan disajikan dalam wadah kemasan agar dapat dibawa jemaah untuk bekal saat mengurus imigrasi. (Kemenag/UKiS)

Loading...

One thought on “Pembekalan Petugas Haji Provinsi Jawa Barat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.