Pemprov Riau Hibahkan Tanah Untuk Bangun Asrama Haji

Posted on

Menag dan Gub Riau 20170322

Pemprov Riau Hibahkan Tanah Untuk Bangun Asrama Haji, Jakarta (hajikita.com) – Pemerintah Provinsi Riau menghibahkan barang milik daerah berbentuk tanah kepada Kementerian Agama.

loading...

Proses hibah itu diresmikan lewat Penandatanganan Berita Serah Terima Barang Milik Daerah dari Pemerintah Provinsi Riau kepada Kementerian Agama yang ditandatangani oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dan Gubernur Riau Arsyad juliandi Rachmandi di Kantor Kementerian Agama Jalan Lapangan Banteng Barat 3-4 Jakarta, Rabu (22/3).

Selanjutnya, di atas tanah itu bakal dibangun asrama haji sebagai embarkasi dengan langkah pertama sebagai embarkasi antara.

Dasar hibah yaitu Surat Gubernur Riau Nomor 032/BPKAD/4504a tanggal 24 Februari 2017 tentang Persetujuan HIbah Barang Milik Daerah Pemerintah Provinsi Riau di Jalan Citra Labersa Pekanbaru. Adapun obyek yang dihibahkan yakni, tanah seluas 40.000m2 di Jalan Citra Labersa Pekanbaru Kecamatan Bukit Raya Kota Pekanbaru dengan sertipikat tanah nomor 52 tanggal 30 Mei 2013 atas nama Pemerintah Provinsi Riau dengan nilai perolehan Rp13.840.772.350,00.

Gubernur Riau dalam sambutannya mengemukakan, masyarakat Riau berharap, di atas tanah itu selanjutnya dibangun embarkasi haji untuk jemaah haji Riau, walaupun untuk tahapan pertama menjadi embarkasi antara terlebih dulu.

“Kami mengharapkan setelah itu dibangun embarkasi haji untuk melayani jemaah haji Provinsi Riau yang berjumlah 5.030 orang, dengan tahapan pertama menjadi embarkasi antara. Kita telah melaksanakan koordinasi dengan lembaga terkait, seperti Imigrasi, Angkasa Pura, serta tahun 2018 kelak, kita telah siap menjadi embarkasi penuh,” tutur Gubernur.

Menteri Agama dalam sambutannya mengemukakan apresiasinya kepada Pemerintah Provinsi Riau yang sudah menghibahkan tanahnya kepada Kementerian Agama. Menag menyampaikan, dengan hibah ini, bakal mempermudah Kementerian Agama dalam mewujudkan harapan masyarakat Riau mempunyai asrama haji sekaligus diharapkan menjadi embarkasi haji dengan status embarkasi antara.

“Kita bersyukur atas proses hibah tanah dari pemerintah provinsi Riau kepada Kementerian Agama, lantaran ini mempermudah Kemenag mewujudkan harapan masyarakat Riau mempunyai asrama haji, sekaligus sebagai embarkasi haji antara,” kata Menag.

Disebutkan Menag, pembangunan asrama haji itu pembiayaannya diharapkan dapat melalui dana yang bersumber dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) serta APBD Provinsi Riau.

Sesudah penandatanganan hibah itu, selanjutnya dilaksanakan penyerahan aset hibah itu dari Sekjen Kemenag Nur Syam kepada Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Riau Ahmad Supardi untuk memproses sertifikasinya atas nama Pemerintah Republik Indonesia c.q. Kementerian Agama dengan melaksanakan penginputan aset tanah di maksud ke dalam aplikasi SIMAK BMN.

Terlihat hadir selain Sekjen, Sekda Pemrov Riau Ahmad Hijazi, beberapa petinggi eselon II Kementeria Agama serta petinggi di lingkungan Pemrov Riau.(Kemenag)

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *