Presiden Jokowi Apresiasi Raja Salman Terkait Kuota Haji

Posted on

Presiden Jokowi Apresiasi Raja Salman Terkait Kuota Haji

Presiden Jokowi Apresiasi Raja Salman Terkait Kuota Haji, Bogor (hajikita.com) – Kuota jemaah haji semua negara mulai tahun ini kembali normal, sesudah dalam empat tahun terakhir mengalami pemotongan sebesar 20% dikarenakan adanya renovasi Masjidil Haram. Kuota Indonesia pun kembali menjadi 211 ribu.

loading...

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam keterangan pers selesai pertemuan menjelaskan, Presiden Joko Widodo secara khusus mengapresiasi pemerintah Arab Saudi perihal pengembalian kuota haji normal Indonesia sebesar 211 ribu jamaah. Jumlah itu belum termasuk juga penambahan kembali sebesar 10 ribu jamaah untuk tahun 2017 hingga berjumlah keseluruhan 221 ribu jamaah.


“Presiden juga menitipkan warga negara Indonesia yang tinggal di Arab Saudi serta sudah memberikan kontribusi dalam pembangunan di Arab Saudi supaya memperoleh pengayoman dan perlindungan dari yang mulia Raja Salman,” kata Retno seperti tertuang dalam rilis Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden, Rabu (01/03). 
Dalam soal kerja sama di sektor keamanan, lanjut Retno, Indonesia menyatakan kembali pentingnya penyelesaian beragam konflik di seluruh dunia, termasuk juga di Timur Tengah, dengan cara damai. Kerja sama kedua negara juga dipandang perlu dalam memajukan Islam sebagai agama yang membawa rahmat dan kesejahteraan bagi seluruh semesta. 
Masalah Palestina yang merupakan isu global juga dibicarakan dalam pertemuan kedua kepala negara ini. Indonesia sendiri memberi dukungan penuh usaha yang senantiasa dilakukan perihal kemerdekaan Palestina. “Kemerdekaan Palestina merupakan perjuangan yang harus senantiasa dilakukan,” katanya.

Dalam pertemuan bilateral itu, sejumlah 11 nota kesepahaman sukses diraih dan ditandatangani. Salah satunya adalah penandatanganan nota kesepahaman di sektor urusan Islam oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin bersama Menteri Urusan Islam, Dakwah dan Bimbingan Sheikh Saleh bin Abdulaziz Alash-Sheikh. Penandatanganan nota kesepahaman ini disaksikan langsung oleh Presiden Joko Widodo serta Raja Salman di Istana Kepresidenan Bogor. 
Dalam kesempatan yang sama, Menteri Negara Urusan Luar Negeri Kerajaan Arab Saudi Nizar Bin Obaid Madani mengemukakan kalau Raja Salman sangat berbahagia bisa berkunjung ke Indonesia. Kunjungan tersebut diharapkan dapat meningkatkan kerja sama bilateral kedua negara. 

“Saat Presiden Republik Indonesia mengemukakan apresiasinya atas kunjungan Yang Mulia Baginda Raja Salman ke Indonesia, ketika itu juga Baginda Raja Salman menyampaikan rasa bahagianya atas kunjungannya ke Indonesia sebagai sebuah momentum untuk tingkatkan kerja sama bilateral pada kedua negara,” katanya. 

Nizar mengutarakan kalau sepanjang pertemuan berlangsung, Presiden Joko Widodo mengemukakan rasa terima kasihnya atas pelayanan paling baik yang sudah diberikan pemerintah Kerajaan Arab Saudi pada semua umat Islam dalam menjalankan ibadah haji dan umrah. 
“Presiden Indonesia dalam pertemuan itu juga sudah mengemukakan apresiasi pada Yang Mulia Baginda Raja atas selesainya perluasan Masjidil Haram serta atas pelayanan yang baik yang selama ini diberikan Baginda Raja pada semua umat Islam yang menjalankan ibadah haji dan umrah ke dua kota suci,” ucap Nizar. (BP)

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *