Raker Menag dan Menkes Dengan Komisi IX tentang Kesehatan Haji
Raker Dengan Komisi IX

Raker Menag dan Menkes Dengan Komisi IX DPR Bahas Kesehatan Haji

Posted on
Raker Menag dan Menkes Dengan Komisi IX tentang Kesehatan Haji
Raker Dengan Komisi IX

Raker Menag dan Menkes Dengan Komisi IX DPR Bahas Kesehatan Haji, Jakarta (hajikita.com) – Pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama serta Kementerian Kesehatan mengadakan rapat kerja (raker) dengan Komisi IX mengulas persiapan penyelenggaraan haji 1438H/2017M terutama menyangkut kesiapan layanan kesehatan.

Raker dipimpin oleh Ketua Komisi IX DPR RI Dede Yusuf di Gedung Parlemen Senayan Jakarta, Senin (5/6). Hadir Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin serta Menteri Kesehatan Nila Moeloek. Terlihat menemani Menag LHS Plt. Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Nur Syam, pejabat eselon II Ditjen PHU, serta Karo Umum Syafrizal.

loading...

Dari rangkuman hasil rapat, memperhitungkan jumlah calon jamaah haji tahun 2017 sejumlah 221.000 orang dengan 63% masuk grup memiliki resiko tinggi, Komisi IX DPR RI mendorong Kemenkes untuk menaikkan petugas haji melalui pengajuan visa non-haji berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri serta meningkatkan mobilitas petugas PPIH Bidang Kesehatan Arab Saudi.

Komisi IX juga mendorong Kemenkes untuk mempercepat pemeriksaan kesehatan haji serta pemberian vaksinasi pada semua calon jamaah haji dengan tujuan yang jelas dan melaksanakan langkah-langkah pro aktif sehingga mencapai semua calon jamaah haji sebelum kloter pertama diberangkatkan.

Setelah itu, Komisi IX DPR RI juga meminta Kementerian Agama bekerjasama dengan Kemenkes untuk meyakinkan kalau setiap embarkasi haji dllengkapi dengan perbekalan kesehatan sesuai standard yang sudah ditetapkan.

Kesimpulan selanjutnya, guna peningkatan kesehatan haji tahun 2017 di Saudi Arabia, Komisi IX meminta Kemenag serta Kemenkes untuk senantiasa mengintensifkan koordinasi serta komunikasi dengan beragam pihak terutama pihak otoritas kesehatan Saudi Arabia, dan meningkatkan kemampuan petugas PPIH Bidang Kesehatan dalam penanganan jamaah haji sakit serta kondisi darurat. (Kemenag)

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.