Soal Kuota Haji, DPR Berterima Kasih kepada Raja Salman

Posted on

Tamsil Linrung
Soal Kuota Haji, DPR Berterima Kasih kepada Raja Salman, Jakarta (hajikita.com) – Lawatan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud dinilai bisa jadi momentum bersejarah serta berkah untuk Indonesia.
“Kebijakan pemulihan kuota haji ini begitu bermakna untuk umat Islam di Indonesia. Pasalnya kuota haji serta daftar tunggu senantiasa jadi permasalahan setip tahunnya. Kami begitu berterimakasih atas kebaikan hati Raja Salman,” tutur Ketua Grup Kerja (pokja) Kerja Sama Parlemen Indonesia serta Arab Saudi, Tamsil Linrung.
Oleh karenanya, ia mengharapkan, baik parlemen Indonesia atau Arab Saudi yang berupa Majelis Permusyawaratan (Majlis as-Syura) bisa selalu menjaga hubungan baik. “Peristiwa bersejarah ini dapat terwujud lantaran ada kerjasama yang baik antara parlemen kedua negara yang dibangun sampai kini, ” kata Tamsil.
Pada kesempatan yang lain, Komisi Pengawas Haji Indonesia (KPHI) bertemu Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud di Masjid Istiqlal Jakarta. Ketua KPHI Samidin Nashir menyampaikan, dalam pertemuannya itu ia mengemukakan harapan pada Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud supaya calon jamaah haji asal Indonesia menjadi prioritas. Samidin menilainya, Indonesia sudah menjadi negara dengan kuota haji paling banyak dibandingkan dengan negara yang lain.

Sementara itu, terkait kembali normalnya kuota haji pada tahun 2017 ini, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Barat A Buchori mengatakan bahwa kuota jamaah calon haji untuk Jawa Barat menjadi 38.626 orang dari sebelumnya sebesar 29.888 orang.
Provinsi Jawa Barat mendapatkan tambahan kuota sebesar 1.227 jamaah. Otomatis daftar tunggu haji menjadi berkurang, meski ia mengatakan kalau daftar tunggu jamaah calon haji di Jawa Barat selama 13 tahun. Menurut Gubernur Jawa Barat Aher, ada sekitar 400.000 orang calon jamaah haji yang masuk daftar tunggu di Jawa Barat.(Kemenag/Ihram)

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *