Siskohat Haji
Makkah

Sosialisasi Peningkatan Pelayanan Jemaah Haji

Posted on
Siskohat Haji
Makkah

Sosialisasi Peningkatan Pelayanan Jemaah Haji, Batam (hajikita.com) – Kementerian Agama mengadakan Sosialisasi Peningkatan Pelayanan Jemaah Haji di Arab Saudi tahun 1438H/2017M. Direktur Pelayanan Haji Luar (Diryanlu) Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Negeri Sri Ilham Lubis menyampaikan kalau kegiatan ini ditujukan supaya informasi sekitar layanan di Saudi dapat disampaikan ke semua jemaah.

Menurut dia, 50 hari mendekati keberangkatan kloter pertama ke Arab Saudi, penyediaan layanan di Arab Saudi telah usai semuanya. Karenanya, Kemenag mengambil langkah pada tahap selanjutnya untuk melaksanakan proses diseminasi informasi kepada para stakeholder haji.

loading...

“Melalui sosialisasi ini, diharapkan informasi layanan di Saudi akan tersampaikan ke seluruh jemaah sehingga mereka mengetahui layanan yang akan diberikan sebelum berangkat haji,” jelas Sri Ilham Lubis di Batam, Selasa (06/06).

Sri Ilham menyampaikan, sosialisasi terdiri dari dua zona. Zona pertama diadakan di Batam, 6-8 Juni 2017, serta diikuti oleh 13 Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Provinsi. Ketiga belas kanwil itu yaitu Provinsi Aceh, Sumater Utara, Sumatera Barat, Jambi, Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Selatan, Bengkulu, Bangka Belitung, Lampung, Kalimantan Barat, Nusa Tenggara Barat, serta DKI Jakarta. Diluar itu, sosialiasi juga diikuti tim Badan Pusat Statistik serta Pusat Kesehatan Haji.

“Zona kedua rencananya akan diselenggarakan setelah Hari Raya Idul Fitri di Semarang bersama 21 Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Provinsi lainnya,” katanya.

Sosialiasi dibuka oleh Plt. Dirjen PHU Nur Syam. Dalam sambutannya, Nur Syam menggarisbawahi pentingnya isu pelayanan serta perlindungan yang senantiasa nampak dalam penyelenggaraan ibadah haji pada tiga tahun terakhir. Nur Syam mengharapkan persiapan yang telah dikerjakan jajaran Ditjen PHU bakal berdampak pada peningkatan pelayanan serta perlindungan kepada jemaah.

Selain Sri Ilham Lubis, beberapa narasumber dijadwalkan hadir dalam dua hari ke depan. Mereka diantaranya Komisi VIII DPR RI Iskan Qolba Lubis, eks Dirjen PHU Abdul Djamil, dan para ketua tim penyediaan layanan di Arab Saudi, baik katering, transportasi, ataupun akomodasi.

Sebagaimana bebrapa tahun sebelumnya, jemaah haji Indonesia bakal diberangkatkan dalam 2 gelombang. Gelombang I rencananya mulai diberangkatkan pada tanggal 28 Juli – 11 Agustus 2017 langsung menuju Madinah. Adapun gelombang II, rencananya diberangkatkan pada tanggal 12-26 Agustus 2017 dengan tujuan Jeddah.

Berkaitan agenda perjalana haji 2017, sila lihat Rencana Perjalanan Haji Tahun 1438H/2017M. (Kemenag)

Loading...

7 thoughts on “Sosialisasi Peningkatan Pelayanan Jemaah Haji

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.