Tahapan Seleksi Calon Anggota BPKH, Hingga Hasilnya Secara Resmi Diserahkan ke Presiden

Posted on

Ketua Pansel BPKH Mulya Siregar di Istana Negara
Tahapan Seleksi Calon Anggota BPKH, Hingga Hasilnya Secara Resmi Diserahkan ke Presiden, Jakarta (hajikita.com) – Calon anggota Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) resmi diserahkan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin ke Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka Jakarta, Senin (13/3).

loading...

Selain Menag, turut menghadap Presiden, anggota Panitia Seleksi (Pansel) BPKH, yakni Mulya E Siregar (Ketua) Yunus Husein (wakil ketua), Nur Syam (Sekretaris), Halim Alamsyah, Nasaruddin Umar, Din Syamsuddin, Zainulbahar Noor semasing sebagai anggota. Sedangkan Hadiyanto serta Aidir Amir Daud, keduanya anggota, berhalangan datang.

Pansel BPKH adalah panitia yang dibentuk oleh Presiden pada tanggal 17 November 2016 lewat Keputusan Presiden No. 124/P Tahun 2016. Tim yang diketuai oleh Mulya E. Siregar sudah melakukan lima tahapan seleksi pada 394 pelamar. Berikut tahapannya.

Tahap pertama, pendaftaran. Pendaftaran awal mulanya di buka sejak tanggal 16 – 27 Desember 2017 lalu diperpanjang hingga 23 Januari ini sukses menjaring 394 orang pelamar. Dari keseluruhan 394 pelamar, pelamar calon anggota Badan Pelaksana terdaftar sejumlah 238 orang pelamar, serta 156 orang pelamar untuk Dewan Pengawas.

Tahap kedua, seleksi administrasi, Mulya menerangkan kalau berdasar pada hasil verifikasi serta validasi berkas pelamar pada tanggal 24 – 27 Januari 2017 46 calon anggota Badan Pelaksana serta 38 calon anggota Dewan Pengawas dinyatakan lulus seleksi.

“Semua peserta yang dinyatakan lulus dimintai respon dari masyarakat hingga tanggal 13 Februari 2017,” kata Mulya yang juga menjabat sebagai Deputi Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ini.

Mulya menjelaskan, sebagai langkah ketiga, pansel menyerahkan 84 orang calon anggota itu pada KPK, PPATK, OJK serta Dirjen Pajak Kemenkeu untuk memperoleh rekam jejak pelamar yang nanti dipakai sebagai bahan pertimbangan serta konfirmasi ketika seleksi wawancara.

Tahap keempat, ujian tertulis. Tahapan dilakukan tanggal 2 Februari 2017 di Aula HM Rasjidi Kementerian Agama. Seleksi tertulis ini diikuti oleh 38 orang calon anggota Badan Pelaksana serta 27 orang calon anggota Dewan Pengawas BPKH. Peserta yang lulus tes tertulis ini lalu mengikuti seleksi psikotes pada tanggal 13 – 14 Februari 2017 berlokasi di Hotel Orchard Industri Jakarta yang dilakukan oleh TIm Psikotes UIN Sunan Kalijaga.

“Pada tahap psikotes ini, 31 orang calon anggota Badan Pelaksana serta 22 orang calon anggota Dewan Pengawas,” katanya.
Tahap kelima, wawancara. Dilakukan di Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta pada tanggal 27 Februari – 2 Maret 2017. Serta pada tanggal 9 Maret 2017 itu, diputuskan 14 orang calon anggota Badan Pelaksana serta 10 orang calon Dewan Pengawas.

Sekjen Kemenag Nur Syam yang juga Sekretaris Pansel menyampaikan, sesuai dengan UU N0. 34 Tahun 2014, BPKH adalah badan independen yg tidak masuk dalam struktur Kementerian Agama. Mereka bertanggungjawab pada Presiden lewat Menteri Agama.

“BPKH sebagai badan hukum publik adalah organisasi nirlaba yang berkewenangan mengelola keuangan haji supaya mempunyai manfaat untuk umat,” tutur Nur Syam.

Menjawab pertanyaan pers, tentang kapan badan ini mulai bekerja, Nur Syam menerangkan kalau badan ini memerlukan beragam persiapan. Persiapan itu menyangkut regulasi yang mengatur badan ini secara internal. Selain itu, sebagai badan yang baru, menurut Nur Syam BPKH juga harus mempersiapkan susunan organisasi.

Tetapi ia memprediksi, kurun waktu 5 hingga 6 bulan sesudah terbentuk, BPKH telah bisa melakukan tugasnya. (Kemenag)

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *