Tiga Opsi Besaran BPIH 2017

Posted on

Ali Taher Ketua Komisi VIII DPR RI

Tiga Opsi Besaran BPIH 2017, Jakarta (hajikita.com) – Panitia kerja (panja) Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) masih terus bekerja. Pada Maret, besaran BPIH untuk haji reguler bakal segera diputuskan.

loading...

Ketua Komisi VIII DPR RI Ali Taher Parasong menyampaikan, ada tiga pilihan besaran BPIH tahun ini. Pertama, pilihan tidak naik. Kedua, naik namun tidak sebesar yang diajukan pemerintah sebesar Rp1.096.000. Tahun lalu, BPIH sebesar Rp34,6 juta.

Pilihan ketiga, besaran BPIH turun. Menurut Ali, terdapat banyak argumen adanya pilihan ongkos haji turun. Bulan lalu, Komisi VIII DPR mengadakan kunjungan ke Arab Saudi. Menurutnya, ada kebijakan Saudi yang butuh dicek dan ricek. Setelah adanya kunjungan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud ke Indonesia, ada kebijakan open sky.

Tahun lalu, penerbangan haji dari Indonesia menuju Saudi dalam sepekan ada 49 kloter. Dengan adanya open sky, Indonesia dapat mengangkut 60 sampai 70 kloter per minggu. Hal semacam ini bikin proses pemberangkatan haji semakin mudah.

Selain itu, ada juga kebijakan unlimited yang artinya penerbangan untuk Indonesia tak terbatas.

“Bila misalnya pada waktunya itu terjadi sebagian keringanan itu berarti punya pengaruh pada percepatan pemberangkatan serta waktu lama tunggu. Tidak lagi 40 hari, dapat dipercepat jadi 35 hari. Ini argumen rasional BPIH dapat turun lantaran akomodasi, konsumsi, serta yang lain berkurang,” tutur Ali.

Dia mengharapkan Kementerian Agama mau melaksanakan simulasi atas ketiga pilihan di atas.

“Mohon dikalkukasi serta disimulasi secara dini. DPR menanti itu kurun waktu yang tidak terlalu lama. Mesti dibicarakan berbarengan agar kenyaman, keamanan, serta ketenangan jamaah terjamin,” kata dia.(Ihram)

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.