Fasilitas Hotel Bagi Jemaah Haji
Nasrullah Jassam

Video Tutorial Penggunaan Fasilitas Hotel Bagi Jemaah Haji

Posted on
Fasilitas Hotel Bagi Jemaah Haji
Nasrullah Jassam

Video Tutorial Penggunaan Fasilitas Hotel Bagi Jemaah Haji, Batam (hajikita.com) – Tim penyedia akomodasi jemaah haji Indonesia di Makkah serta Madinah sudah merampungkan tugasnya. Sejumlah 155 hotel di Makkah serta 131 hotel di Madinah sudah disewa sebagai tempat menginap jemaah haji Indonesia.

Sesuai pedoman pengadaan, layanan akomodasi yang disewa minimum setara hotel bintang tiga dengan bermacam sarana yang dimilikinya. Untuk mempermudah jemaah dalam memakai sarana layanan hotel, Kementerian Agama tengah menyiapkan video tutorial.

loading...

“Tahun ini kita akan membagikan video tutorial penggunaan fasilitas hotel di Makkah dan Madinah. Banyak jemaah yang belum familiar dengan fasilitas hotel seperti kunci kartu, shower untuk mandi, dan lainnya,” jelas Kasubdit Akomodasi Direktorat Pelayanan Haji Luar Negeri Nasrullah Jassam pada Sosialisasi Peningkatan Pelayanan Jemaah Haji di Arab Saudi tahun 1438H/2017M di Batam, Rabu (07/06).

“Video rencananya akan dijadikan souvenir bagi peserta dari Kanwil Kemenag Provinsi saat qurah pemondokan untuk disampaikan ke jemaah,” sambungnya.

Menurut Nasrullah, berdasarkan pengalaman bebrapa tahun sebelumnya, banyak jemaah yang kehilangan kunci yang berupa kartu karena belum familiar. Hal semacam ini dikeluhkan pengelola hotel karena banyak jemaah yang meminta kunci pengganti. Diluar itu, banyak juga jemaah haji Indonesia yang belum terbiasa mandi dengan perlengkapan shower.

“Kami juga mengecek betul ketersediaan mesin cuci yang menjadi kebutuhan jemaah. Kita sampaikan ke pemilik hotel agar jemaah disediakan mesin cuci, bisa di tiap lantai atau dikumpulkan di satu tempat,” katanya.

“Maksimal satu kamar ditempati 6 orang supaya rasio kamar mandinya tidak lebih 6 orang,” lanjutnya.

Akomodasi jemaah di Makkah terdiri dari enam wilayah, yakni Jarwal (42.112 jemaah), Raudhah (27.504), Syisyah (47.797), Misfalah (24.799), Mahbas Jin (47.877), serta Aziziah (17.708). Akomodasi ini terdiri dari 11 sektor layanan ditambah 1 sektor khusus Masjidil Haram.

Untuk akomodasi di Madinah, 95% hotel ada pada jarak kurang dari 600 meter dari Masjid Nabawi. Sisanya atau 5% ada pada jarak 700-1200 meter, dengan perincian 17 hotel ada pada jarak di atas 600 meter, 3 hotel pada jarak 1000-1150 meter, sedang satu hotel pada jarak 1200 meter.

“Ada empat hotel yang barada pada jarak di atas 1 km dan itu akan disediakan layanan bus salawat,” katanya. Akomodasi jemaah di Madinah terdiri jadi 5 sektor layanan, dan 1 sektor khusus Masjid Nabawi serta 1 sektor Bir Ali. (Kemenag)

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *