Wisma Baru Asrama Haji Sudiang Makassar Diresmikan

Posted on

Menag Lukman tandatangani prasasti peresmian Wisma Baru Asrama Haji Sudiang Makassar (foto-wrd)
Wisma Baru Asrama Haji Sudiang Makassar Diresmikan, Makassar (hajikita.com) – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin meresmikan tiga wisma baru di Asrama Haji Sudiang, Makassar, Sulawesi Selatan. Tiga wisma yang diresmikan yaitu Wisma Raodah (104 kamar), Wisma Zam-zam (60 kamar), serta Wisma Bir Ali (48 kamar).

Menurut Menag, sejak 2014 pihaknya selalu berusaha melaksanakan revitalisasi asrama haji.

loading...

“Sebagian besar asrama haji kita dibangun tahun 80-an, bahkan juga ada yang tahun 70-an. Memang kondisinya sudah butuh peremajaan,” tuturnya di Makassar, Rabu (05/04).

“Persepsi kita tidak lagi sama dengan tahun-tahun 70-an, di mana asrama diidentikkan dengan tempat tinggal yang biasa. Asrama haji saat ini minimal mempunyai pendingin udara, tv, serta maksimal dihuni 4 orang jamaah,” imbuhnya.

Ke depan, Menag berpesan supaya asrama haji yang telah dibangun bisa dirawat dengan baik untuk kenyamanan jemaah haji. “Sesudah memperoleh bangunan fisik lebih baik, tanggung jawab kita baru dimulai untuk merawat serta meningkatkan asrama haji ini. Kita tidak bisa lagi cuma membangun namun tidak bisa memelihara,” pesannya.

Peresmian wisma baru ini ditandai dengan penandatanganan prasasti. Sesudah itu, didampingi sejumlah pejabat, Menag melihat langsung kondisi Wisma Zam Zam, dari mulai kondisi lift, tempat tidur, toilet, bahkan tempat makannya.

Acara persemian ini dihadiri Staf Ahli Gubernur bidang Pembangunan Denny Irawan, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Abdul DJamil, Anggota Komisi VIII DPR RI H. Samsu Niang, Ketua DPRD Provinsi Sulsel, Kapolda Sulsel, Rektor UIN Makassar, Kapala Kanwil Kemenag Sulsel, Para Kepala Bidang PHU, serta Kepala UPT Asrama Haji se-Indonesia.

Selain itu, tampak hadir juga Pimpinan Bank Penerima Setoran (BPS) Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji di Sulsel, Lembaga Pemerintah yang terkait permasalahan haji seperti otoritas bandara, Dinas Kesehatan Provinsi, KKP, Imigrasi, Beacukai, Maskapai Garuda, Kakankemenag Kab./Kota se sulsel, Biro Perjalanan Haji dan Umrah yang juga sementara mengikuti Expo haji dan umrah 2017. 

Dilengkapi Maket Pesawat Terbang Boeing 777
Maket Pesawat Boeing 777 di Asrama Haji Sudiang Makassar. (foto-wrd)
Maket Pesawat Boeing 777 di Asrama Haji Sudiang Makassar. (foto-wrd)
Selain kamar yang representatif serta berpendingin dengan kapasitas 4 orang, toilet yang bersih, dan ruang makan yang besar, Asrama Haji Sudiang juga dilengkapi dengan Maket (MockUp) Pesawat Terbang Boeing 777.

Keberadaan maket ini diharapkan bisa menjadi tambahan sarana jemaah haji Indonesia untuk lebih memahami fasilitas transportasi mereka saat berangkat haji.

Direktur Pengelolaan Dana Haji Ramadhan Kharisman saat meninjau lokasi sebelum diresmikan oleh Menag menyampaikan kalau maket pesawat terbang itu dibuat hasil kerjasama dengan Forum Bank Penerima Setoran (BPS) Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH). Dia mengharapkan keberadaan maket itu dapat menjadi nilai tambah layanan untuk jemaah haji.

Sebab, lanjutnya, asrama haji bukan sekedar memberi sarana untuk manasik haji namun juga menyediakan mock up pesawat terbang. “Harapannya, ini bisa dipakai sebagai bahan edukasi untuk jemaah sehingga jemaah terbiasa ketika berada di pesawat terbang lantaran perjalanan ke tanah suci memerlukan waktu yang cukup lama,” katanya di Makassar, Selasa (04/04) lalu.

Sebelumnya, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Abdul Djamil menyampaikan kalau transformasi asrama haji dilaksanakan dengan tekad supaya seluruh jemaah bisa merasakan pelayanan yang nyaman selama berada di Asrama haji.

“Jadi manfaat asrama haji yaitu tempat menanti para jemaah sebelum jadwalnya brangkat ke tanah suci dan sarana di asrama telah kita sesuaikan setara dengan hotel bintang 3,” katanya.(Kemenag)

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.